28 Nov 2010

Mobil Otomatis Dekati Kenyataan

sartre self driving cars 100231462 l Mobil Otomatis Dekati Kenyataan
Mobil yang bisa menyetir sendiri bisa jadi cuma mimpi. Tapi sebetulanya, pengembangan teknologi menuju ke sana sudah berjalan mendekati kenyataan. Program pengembangan mobil ”autonomous” milik Audi Jerman diuji coba sejauh 12,42 mil mengitari Pikes Peak beberapa waktu lalu.
Namun sekitar setahun lalu, lembaga penelitian yang didukung pemerintah Eropa telah menjalankan penelitian soal ini. Lembaga tersebut SARTRE (Safe Road Trains for the Environment). Mobil yang bisa jalan sendiri tanpa manusia pengemudi rupanya sudah jadi cita-cita banyak penduduk bumi.
Tentu saja teknologi seperti ini cukup berguna untuk melancarkan arus lalu-lintas dan memangkas waktu tempuh. Yang terang, mobil semacam itu juga akan berguna untuk menambah kenyamanan berkendara, mengurangi angka kecelakaan, dan memperbaiki emisi gas buang.
SARTRE merencanakan pengembangan teknologi mobil otomatis akan dilakukan selama tiga tahun. Dan sekarang menyelesaikan tahun pertama. Dalam waktu dekat, mereka akan mulai menguji hasil di tahun pertama itu.
Di tahun pertamanya, para insinyur yang tergabung dalam SARTRE disibukkan dengan menggodok konsep. Mereka menggandeng berbagai pabrikan dan konsorsium, termasuk Volvo. Fase pengembangan selanjutnya lebih diarahkan ke hardware dan software yang akan membungkus teknologi autonomous.
Hardware dan software canggih itu diperkirakan mampu mengatur hubungan antarkendaraan, sensor-sensor otomatis, untuk memudahkan kendaraan membaca situasi di jalan. Fase selanjutnya akan dikerjakan pada awal 2011 dan berakhir pertengahan 2012.

sumber : http://www.dapurpacu.com/mobil-otomatis-dekati-kenyataan/

0 komentar:

Posting Komentar