12 Jan 2011

Wayang : Biografi



Pertengahan tahun 1995 atau tepatnya 11 Juni 1995 terbentuk group band yang bernama Wayang. Wayang terdiri dari 4 personil yang masih mempunyai hubungan keluarga yaitu Wahyu Adrianto (Adri) pada posisi Keyboard, Ahmad Fauzi (Odjie) pada posisi Bass, Ramdhan Wahyudi (Yudi) pada posisi Gitar dan Vocal, Gilang Ariestya (Gilang) pada posisi Drum. Mereka mengikuti berbagai macam Festival Band di Jakarta selama dua tahun dan juga sering tampil sebagai band pembuka. Didasari dari keinginan bermusik yang dalam dan apa yang dicita-citakan sebuah band untuk mempersembahkan karya bermusiknya, pada tahun 1997 Wayang mencoba mengirimkan demo lagunya ke Recording Company dan RIS Musik Wijaya selaku Recording Company yang pada saat ini telah menjadi BMG Music Indonesia mengontrak Wayang. Di tahun 1997 itulah apa yang dicita-citakan oleh Wayang terwujud dan pada tanggal 26 Agustus 1997 Wayang mengeluarkan album perdananya yang bertitle Damai dan berhasil menembus pasaran dengan total album terjual 250.000 copy.
           
Album kedua yang bertitle Dongeng direlease pada tahun 1999, masih dibawah bendera BMG Music Indonesia dan total album terjual sebanyak 275.000 copy. Seiring bertambahnya usia dan perkembangan bermusik mereka, Wayang pun menampilkan kedewasaan dalam bermusik yang diantaranya menulis tentang cinta yang mereka tuangkan kedalam album ketiga pada tahun 2000 dengan album bertitle Transisi dibawah bendera BMG music Indonesia. Didalam perubahan bermusik dan lirik mereka di album ketiga merubah penjualan mereka dengan total album terjual sebanyak 200.000 copy. Di tahun 2001 mereka mengeluarkan album The Best dengan title The Best of Wayang dan berhasil meraih angka penjualan sebanyak 300.000 copy. Album kelima mereka yang direlease pada tahun 2002 dengan mengambil judul album dari perubahan logo mereka yaitu WYG yang mencerminkan kesederhanaan dari kedewasaan mampu terjual dengan total penjualan sebanyak 350.000 copy. Pada tahun 2003 telah merelease album yang ke enam dengan title Dari Hati yang isi dari lagu-lagu di album ini 100% merupakam isi dari curahan hati dari para personil Wayang sendiri. Album ini mampu terjual sebanyak 100.000 copy. Dengan konsistensi, eksistensi dan totalitas dalam bermusik, pada pertengahan bulan Oktober tahun 2005 WAYANG telah merelease album ke tujuh mereka dibawah bendera SONY - BMG, dengan judul album Belum Telambat.
Setelah 3 tahun vakum group band Wayang hadir kembali kedunia musik dengan mengeluarkan album terbaru mereka yang berjudul PERBEDAAN. Album Perbedaan ini di rilis pada tanggal 22 Desember 2008 dibawah bendera Universal Musik Indonesia. Di album Perbedaan Wayang menambah 1 orang personil untuk posisi Gitar. Dan di album Perbedaan ini Wayang mere-aransemen lagu di album kedua mereka yang berjudul Dongeng. Pada lagu ini terlihat sekali kematangan dan kedewasaan bermusik mereka. Semoga persembahan dan hasil karya cipta dari kami Wayang band bisa diterima oleh insan pencinta musik anak bangsa.


0 komentar:

Posting Komentar