Baru-baru ini di masyarakat marak terdapat fenomena yang membuat
orang merasa ingin tahu dan merasa gelisah. Yaitu beberapa anak-anak
setelah melalui suatu pelajaran dan pelatihan khusus, dapat melihat
benda sambil menutup mata, membaca tulisan dan lain sebagainya. Sehingga
membuat banyak orang merasa bingung. Menuai berbagai macam reaksi ada
yang sangat gembira, ada juga yang menganggap sebagai aliran sesat; juga
ada yang menganggap sejenis tipu muslihat baru untuk menipu uang orang
banyak. Apakah sebenarnya kejadian seperti ini? Bila merupakan muslihat
penipuan, mengapa tidak ada orang yang menguaknya? Bila benar-benar
merupakan pengembangan daya otak, mengapa dengan menutup mata dapat
melihat benda? Tidak menggunakan mata dapat melihat benda bukankah
sebuah fenomena yang menyesatkan?
Untuk memahami fenomena ini, kita perlu terlebih dahulu dijelaskan oleh
pendiri yang mengadakan pelajaran-pelajaran tersebut. Diantaranya adalah
ahli teknologi ilmiah komputer Amerika serta ahli dari Asosiasi
Spesialis Komputer Inggris (MACP) dan juga Pelatih dan Pelaksana Senior
Sertifikasi Program Bahasa Internasional. Melalui penelitian lebih dari
sepuluh tahun, mereka berhasil menggunakan teknologi komputer untuk
membangkitkan fungsi potensial dari otak manusia.
Penelitian mereka dikhususkan untuk memperhatikan fungsi dari mid-brain
terletak ditengah-tengah otak kiri dan otak kanan. Fungsi dari midrbrain
adalah sebagai jembatan antara otak kiri dengan otak kanan; dalam
kondisi tertidur, interbrain manusia tidak dapat berkembang secara
maksimal. Oleh karenanya, fungsi interaktif antara otak kiri dan otak
kanan mengalami keterbatasan. Saat ini, banyak ahli meneliti bagaimana
membantu keseimbangan operasional otak kanan dan otak kiri. Dari
penelitian selama 25 tahun terakhir, terdapat 15 orang yang memperoleh
hadiah Nobel dari penelitian terhadap daya otak. Dalam pelatihan
dilakukan berbagai pelajaran yang berbeda; seperti mental-aritmatik,
pengembangan seluruh otak dan lain sebagainya. Yang mana beberapa hal
tersebut merupakan hasil dari penelitian. Tujuannya semua adalah untuk
membantu menyeimbangkan penggunaan otak kanan dan otak kiri serta
menggali potensi daya otak; yang mana hasilnya berbeda-beda.
Sebuah penemuan yang baru adalah metode yang berbeda dengan lainnya.
Berdasarkan ilmu psikologi yang luar biasa, teknik kegeniusan mutakhir,
neurolinguistik, ilmu komunikasi, ilmu tingkah laku dan lain sebagainya
serta menggunakan teknologi komputer ilmiah mutakhir, dalam waktu yang
sangat pendek yaitu satu setengah hari, dapat berhasil mengaktifkan
midbrain anak-anak. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang dikagumi oleh
orang-orang di luar dan di dalam negeri dan juga merupakan kehormatan
bagi umat manusia modern.
Umumnya, setelah midbrain diaktifkan, daya ingat mereka dapat meningkat,
daya konsentrasi membaik; daya kreasi bertambah, gerakan kinetik juga
menjadi lebih baik, hormon menjadi seimbang, serta emosi menjadi stabil
dan lain sebagainya. Aktivasi ini sangat jelas terlihat hasilnya bagi
anak hiperaktif maupun anak dengan daya ingat yang lemah.
Melalui teknik “Genius Mindâ€, pelatihan ini disebarluaskan; yang
dinamakan dengan “Metode Belajar Midbrainâ€. Berdasarkan penjelasan
para ahli, setelah midbrain diaktifkan, midbrain akan dapat mengeluarkan
gelombang otak untuk merasakan dan bereaksi terhadap benda-benda
diluar. Dapat dikatakan juga bahwa dengan menutup mata, masih dapat
mengenai benda-benda, huruf, warna dan lain sebagainya. Jadi, dengan
pelajaran dan pelatihan selama satu setengah hari, akan dapat membantu
anak “melihat†dengan menutup mata.
PERBEDAAN DASAR FUNGSI OTAK KANAN & KIRI
Dunia medis di jaman dahulu menganggap bahwa perbedaan fungsi otak kanan
dan otak kiri tidaklah besar. Namun, pada saat ini, perbedaan fungsi
otak kiri dan otak kanan tidak hanya menjadi pengetahuan yang diakui
bersama oleh para praktisi medis pada umumnya, tetapi juga menjadi
sebuah cabang ilmu pengetahuan yang khusus diteliti.
Fungsi otak kiri adalah untuk berpikir nalar, analisa, kemampuan
berbahasa dan kemampuan menghitung. Dapat dikatakan juga bertanggung
jawab terhadap IQ seseorang. Seseorang dengan kecenderungan otak kiri
yang lebih dominan lebih egois, mementingkan diri sendiri, mudah iri
hati, sombong dan lain sebagainya. Otak kanan bertanggung jawab dalam
emosi, daya intuisi, daya kreasi, kesenian, kemampuan refleksi, daya
ingat, kepribadian dan lain sebagainya. Yaitu bertanggung jawab terhadap
emosi (EQ). Seseorang dengan kecenderungan otak kanan yang lebih
dominan cenderung dapat lebih berperasaan serta kurang kemampuan
manajerial.
Pendidikan saat ini kebanyakan lebih mengutamakan otak kiri. Sehingga
mengakibatkan banyak orang tidak percaya adanya indera intuisi, daya
prediksi dan kemampuan perspektif yang merupakan gejala umum dimana
fungsi otak kanan tertekan oleh otak kiri.
Tetapi, setelah midbrain diaktifkan, fungsi dari otak kanan dan otak
kiri dapat berjalan secara seimbang. Otak kiri tidak lagi menekan otak
kanan. Kemampuan prediksi, daya ingat, kesenian dan kemampuan refleks
tidak hanya menjadi berkembang, tetapi kemampuan manajerial dan
pemahaman mereka juga dapat terpelihara. Orang seperti ini akan lebih
memiliki rasa cinta kasih, lebih mencintai orang tua sendiri, termasuk
orang yang lebih tua, memiliki kecerdasan dan kerukunan. Memulihkan
potensi awal yang semestinya dimiliki oleh umat manusia.
BAGAIMANAKAH MIDBRAIN DIAKTIFKAN?
Di masyarakat, terdapat berbagai metode dalam mengaktifkan midbrain;
masing-masing metode memiliki hasil yang berbeda-beda. GMC menggunakan
teknologi komputer yang modern; mengaktifkan midbrain melalui kolaborasi
dan kemanjuran musik, audio dan lain sebagainya. Dengan prinsip ini,
dilakukan pelatihan terhadap janin dengan menggunakan musik
“Mozartâ€. Laporan menyebutkan bahwa setelah bayi lahir, lebih cerdas
serta lebih cepat belajar dibanding dengan bayi lainnya.
Letak perbedaannya adalah bayi yang telah tumbuh sekarang telah menjadi
anak-anak; jadi, musik atau suara yang digunakan perlu lebih kuat
beberapa kali dari musik Mozart. Yang lebih membanggakan adalah: metode
yang digunakan oleh GMC memiliki tingkat keberhasilan mencapai 70-80%.
PERANAN ORANGTUA
Bila ingin membantu anak mengembangkan fungsi midbrain, peranan orangtua
tidak boleh diabaikan. Midbrain memerlukan perasaan aman dan landasan
kepercayaan diri dalam mengaktifkan dan mengembangkannya. Perasaan aman
dan percaya diri dalam diri anak berasal dari perlakuan ayah dan ibunya.
Dari segi bahasa, ayah dan ibu menentukan kata-kata anak; hasil yang
dicapai juga jauh lebih efektif daripada banyak perkataan yang diucapkan
oleh orang lain. Oleh karenanya, ayah dan ibu harus memprioritaskan
belajar perkataan yang terpuji dan pasti.
Kedua, perlu menyisihkan waktu sedikitnya 20-30 hari untuk membantu anak
berlatih. Setiap hari hanya memerlukan latihan selama 15-30 menit.
Banyak orangtua yang beranggapan karena kesibukan hidup tidak memiliki
waktu untuk mendampingi anak berlatih. Tetapi, bila dihitung anak saling
berhubungan dengan orang tuanya seumur hidup misalnya hingga usia 18
tahun, maka 30 hari hanyalah 0.45% dari seluruh waktu tersebut. Bila
dalam 30 hari tersebut dapat membuat anak seumur hidup memperoleh
manfaat, mengapa tidak bersedia meluangkannya? Apalagi dalam satu hari
hanyalah memerlukan waktu yang pendek yaitu 15-30 menit saja.
LANGKAH PERKEMBANGAN POTENSI OTAK
Langkah aktivasi midbrain secara sederhana dapat dibagi menjadi dua
bagian – yaitu masa kestabilan awal dan masa pendalaman perkembangan.
1. Masa Kestabilan Awal
Setelah mengikuti pelajaran selama satu setengah hari, midbrain anak
akan teraktivasi. Anak dapat merasa sangat gembira juga sangat menarik.
Para orang tua juga dapat merasakan kemampuan anak mereka menjadikan
mereka merasa bangga. Sangat bersemangat karena ini merupakan penemuan
yang baru. Tetapi, ini hanyalah titik awal. Anak-anak dapat melupakan
bagaimana mereka memasuki kondisi jalannya midbrain.Lama-kelamaan,
sanggup menjadikan midbrain kembali dalam kondisi tertidur dan “tidak
melihatâ€. Jadi, memerlukan latihan setiap hari hingga stabil. Yang
dimaksud dengan stabil adalah anak-anak dapat sewaktu-waktu melakukan
menutup mata sambil mengenal warna, mengenal huruf, membaca, mengenali
benda-benda dan lain sebagainya. Disaat mereka tidak mudah kehilangan
kemampuan mereka. Kecuali dalam jangka waktu lama tidak digunakan.
2. Masa Pendalaman
Banyak orang tua berhenti bila mencapai masa stabil. Karena mereka tidak
mengetahui bahwa anak masih memiliki potensi yang menunggu untuk
dikembangkan. Seorang anak yang benar-benar menggunakan midbrain
memiliki karakter yang seimbang, hubungan antar manusia yang baik, suka
menolong orang, pandai bergaul, prestasi belajar menonjol dan lain
sebagainya. Dan juga, mereka juga dapat menggunakan kemampuan “Extra
Sensory Perception / ESPâ€. Misalkan, mereka dapat memprediksi cuaca
besok pagi sehingga dapat merencanakan bagaimana bila keluar rumah.
Potensi ini memerlukan latihan penggunaan midbrain yang terus-menerus
dari si anak; dari menutup mata yang dasar berlatih kemampuan menembus
pandang; hingga tidak perlu menutup mata, hanya menutup mata dalam
berlatih kemampuan menembus pandang; kemudian hingga membuka mata dalam
berlatih kemampuan menembus pandang; hingga mencapai indera extra
sensory. Pada akhirnya memasuki target dominasi dengan midbrain;
memulihkan potensi awal yang seharusnya dimiliki umat manusia. Inilah
yang disebut dengan talenta; sehingga mereka berubah menjadi manusia
baru dalam jaman modern ini.
HUBUNGAN ANTARA “METODE BELAJAR MENUTUP MATA†&
“METODE BELAJAR MIDBRAINâ€
Nama “Metode Belajar Menutup Mata†diambil dari sebuah fenomena yang
dapat dihasilkan setelah midbrain diaktifkan. Berarti bahwa anak
tersebut dapat belajar dengan menutup mata. Tetapi bila ditambah sebuah
kata “metodeâ€, maka artinya sama sekali berbeda. “Metode Belajar
Menutup Mata†memberikan kesan yang salah bagi banyak orang; bahkan
ada beberapa yang salah mengartikan. Banyak orangtua menanyakan bahwa
anak memiliki mata kenapa tidak digunakan malahan belajar sambil menutup
mata; sepertinya agak melawan alam atau aliran sesat. Arti yang
dimaksudkan adalah “metode†“belajar menutup mata†ini cukup
efektif; semenjak itu, anak tidak perlu menggunakan mata dalam belajar;
bahkan “memejamkan mata†dalam menjalani hidupnya.
Sebenarnya, tujuan akhir setelah midbrain diaktifkan bukanlah meminta
orang untuk belajar sambil menutup mata atau memejamkan mata dalam
menjalani hidup, tetapi membantu anak-anak memasuki kondisi terbimbing
mifbrain. Sehingga mereka dapat secara seimbang menggunakan otak kanan
dan otak kiri serta mengembangkan potensi terbesar dari daya otak.
Memejamkan mata membantu anak memasuki interbrain. Setelah terbiasa
menggunakannya, tidak perlu menutup mata juga dapat menggunakan
midbrain; yaitu dengan membuka mata juga dapat mengembangkan
keseimbangan otak kanan dan otak kiri; sehingga otak kanan dan otak kiri
berkembang secara seimbang.
PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN
Mengapa dapat melihat dengan menutup mata? Dapatkah melihat setan?
Gelombang otak yang dipancarkan oleh midbrain dapat membuat orang
melihat dengan menutup mata. Setan tidak memiliki wujud; gelombang otak
tidak dapat merasakannya, sehingga setan tidak terlihat.
Mengapa midbrain dapat tertutup?
Karena tekanan dan kesedihan. Kesedihan merusak otak; sedangkan rasa
gembira membuka otak. Bila belum memasuki dominasi midbrain, setelah
diaktifkan dapat tertutup kembali. Sehingga memerlukan latihan yang
sering untuk memasuki kondisi terdominasi oleh midbrain.
Apakah interbrain setiap anak dapat diaktifkan?
Ada hambatan apa saja?Berdasarkan catatan pelajaran GMC, midbrain pada
sekitar 70-80% anak, pada pelajaran pertama dapat berhasil diaktifkan.
Asalkan anak tersebut memiliki jiwa yang sehat dan bersedia bekerjasama,
dengan usia antara 5-12 tahun, midbrain dapat diaktifkan. Hambatan
dalam mengaktifkan midbrain antara lain adalah: tekanan, ketakutan,
kurang percaya diri, curiga, tidak mau menerima, berpikir yang
tidak-tidak dan lain sebagainya.
Bila anak kita memiliki hambatan tersebut diatas, bagaimanakah
penanganannya?
Orang tua dan anak perlu membangun hubungan dan komunikasi yang baik;
saling membantu mengatasi hambatan. Menyemangati anak untuk secara
rileks mengikuti pelajaran aktivasi. Bila diperlukan, dapat meminta
wakil dari GMC untuk membantu. Bila aktivasi pertama kali tidak
berhasil, mohon tidak langsung putus asa dan terus melanjutkan
pelatihan.
Setelah midbrain anak diaktifkan, apakah dapat menyebabkan gegar
otak karena terlalu banyak menggunakan daya otak?
Tidak dapat; setelah midbrain teraktivasi, anak akan menggunakan tiga
otak secara seimbang; sehingga tidak terjadi gegar otak. Metode untuk
mengaktifkannya menggunakan teknik alami seperti suara, musik, warna,
suasana dan lain sebagainya; tidak ada faktor dari luar yang dimasukkan
kedalam tubuh (seperti minum obat, suntikan, menggunakan gelang listrik
kepala dan lain sebagainya). Tubuh dan otak anak masih sama seperti pada
awalnya. Sebaliknya, orang yang midbrainnya belum teraktivasi hanya
menggunakan sebagain kecil dari otak kirinya; sehingga dapat
mengakibatkan terlalu keras menggunakan daya otak.
Pelajaran dan pelatihan kecerdasarn semacam ini meliputi apa
saja? Perlu mengeluarkan berapa banyak biaya untuk mengikuti pelatihan
kecerdasan ini?
Selain mengaktifkan interbrain, pelajaran satu setengah hari juga
mengajarkan “mind mappingâ€, “speed readingâ€, “excellence
learning†dan lain sebagainya kepada anak; sehingga anak lebih santai
dan gembira dalam membaca. Sebenarnya ini merupakan pelajaran yang
paling murah di pasaran; pelajaran lainnya (piano, kesenian dan lainnya)
memerlukan waktu yang panjang dan biaya yang banyak. Mengaktifkan
midbrain hanya memerlukan satu setengah hari; seumur hidup tetap
berguna!
CARA MENGAKTIFKAN OTAK TENGAH
Jalan menuju Genius
1. Apa itu “midbrain†(mesencephalon) dan apa tujuan
mengaktifkan otak tengah?
Otak tengah adalah jembatan untuk menghubungkan dan menyeimbangkan
fungsi otak kiri dan kanan. Mengaktifkannya akan memungkinkan baik otak
kiri maupun kanan berfungsi secara normal. Pengaktifan otak tengah
mengembalikan kekuatan otak pada keadaan semulanya.
2. Apakah manfaat dari pengaktifan otak tengah?
Ketika otak tengah diaktifkan , anak anda akan memiliki akses yang
mudah ke baik otak kiri maupun kanan. Dengan akses mudah ini, mereka
akan belajar, membaca dan mengahafal benda-benda dalam kecepatan yang
lebih cepat dan dengan demikian meningkatkan keyakinan, minat dan
konsentrasi mereka dalam belajar.
3. Apakah tujuan dari penutupan mata dengan kain?
Dapat melihat ketika mata ditutup merupakan fenomena bagi mereka yang
otak tengahnya telah diaktifkan.Oleh karenanya BFR adalah cara untuk
membuktikan kepada orang tua bahwa otak tengah telah diaktifkan.
4.Bagaimana kursus dilaksanakan?
GMC tidak menggunakan kekuatan supernatural, meditasi dan hipnosis di
dalam kelas. Kursus murni pendidikan secara alami.Murid harus
bekerjasama untuk memperoleh manfaat darinya. Dalam 1 ? hari materinya
adalah:a) Bagaimana masuk ke dalam “Keadaan Genius†dari
pembelajaran.b) Pengaktifan otak tengahc) Menggunakan BFRd) Pembinaan
keyakinan dan meningkatkan konsentrasie) Membaca cepat dan konsep
pemetaan otak dasar.
5. Apakah orang tua diperbolehkan selama kursus?
Murid-murid perlu memberikan konsentrasi dan perhatian penuh dalam
kelas. Oleh karenanya, orang tua tidak diijinkan di dalam kelas untuk
mengurangi gangguan terhadap anak-anak. Orang tua diundang untuk
menghadiri “brifing†pada akhir sesi pada hari kedua.
6. Apakah manfaat mengikuti Metode “Blindfold Reading�
Sebagian besar anak-anak mengalami peningkatan dalam ingatan,
konsentrasi, kreativitas, persepsi dan stabilitas emosi.Ketika mereka
tumbuh, hormonnya akan seimbang dan memiliki kesehatan yang baik.
7. Apa peranan orang tua dalam BFR?
Orang tua harus mengarahkan dan mendorong anak-anak mereka untuk latihan
selama 10-15 menit tiap hari. Mereka harus positif, mendorong dan
melakukan latihan untuk waktu yang menyenangkan bersama. Kebahagiaan
merupakan kunci untuk pengaktifan otak tengah. Ini penting untuk dicatat
bahwa anak-anak mereka telah latihan sebelum belajar. Latihan BFR akan
menjadi kegiatan sepanjang hidup sebab ini jalan menuju genius.
8. Apakah otak tengah ditutup setelah kegiatan?
Untuk mencegah agar otak tengah tidak tertutup, anak-anak membutuhkan
latihan 10-15 menit sekurang-kurangnya tiga kali seminggu. Paling baik
latihan tiap hari, seperti persiapan latihan sebelum belajar. Bahkan
ketika anak-anak masuk universitas, mereka perlu melakukan hal yang
sama. Ini tugas sepanjang hidup untuk melatih otak tengah agar tetap
aktif.
Apa itu “Blindfold Reading Method?â€
“Blindfold Reading Method†merupakan cara yang didisain untuk
mengaktifkan kemampuan otak tengah dan kemampuan otak tengah yang dapat
menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan.
Pangujian Standar Blindfold Method
Selesai kursus 1 ? hari, anak kita akan diuji dengan menutup mata mereka
untuk “melihat†dan “membaca†tanpa menggunakan mata telanjang.
Ini adalah karena setelah otak tengah diaktifkan satu fenomena akan
terjadi yaitu anak-anak kita dapat “melihat†dan “membacaâ€
walaupun mata mereka ditutup dengan kain. Latihan selanjutnya yaitu
otot-otot mata dan tangan akan mengaktifkan lagi kemampuan seperti
semula. Anda hanya perlu melatih anak-anak anda selama 15 menit saja
setiap hari.
Manfaat “Blindfold Reading Methodâ€
Banyak ilmuwan telah memberikan penjelasan teori tentang fungsi-fungsi
otak kiri dan otak kanan. Menurut penyelidikan yang mutakhir, manusia
yang otak kanan dominan akan memproses informasi dan bereaksi dengan
cara yang berlainan.Kebanyakan teori mengataka bahwa siapa saja yang
otak kanannya dominan akan bersifat emosional dan bertindak dengan
mengikuti perasaan, suka menghayal. Apabila otak kiri yang dominan akan
bereaksi secara lebih logis. Murid-murid yang otak kirinya dominan akan
menunjukan sifat yang lebih teratur. Mereka akan menganalisa informasi
serta memprosesnya secara teratur.Selain dari pada itu, murid-murid yang
otak kirinya dominan lebih ber-hati-hati dan mengikuti peraturan,
menunjukkan kemampuan yang kuat dalam matematik dan ilmu serta dapat
menjawab persoalan dengan cepat.Dengan demikian , kepribadian seseorang
itu akan ditentukan oleh jenis dominan otak kita.
Bagaimanakah dengan pelajar yang otak tengahnya dominan?
Mereka akan menunjukkan sifat yang seimbang antara otak kiri dan otak
kanan. Maka, kemampuan “otak tengah merupakan rahasia menuju
sukses.†Otak tengah berfungsi seperti pusat kendali untuk otak kiri
dan otak kanan dan kemampuan seperti semulanya dapat menonjolkan lagi
kehebatan otak manusia.
Keistimewaannya adalah:
a) Meningkatkan kemampuan pengingatan
b) Dapat mendorong perhatian
c) Kreatif
d) Mengimbangkan hormone
e) Kestabilan emosi
Menutup mata murid-murid hanyalah untuk menunjukkan bahwa otak tengah
seorang murid telah diaktifkan. Tujuan kami bukanlah menutup mata.
Menutup mata hanya tahap pertama dimana murid-murid itu belajar
konsentrasi. Murid-murid tidak perlu membalut mata apabila telah
mencapai tahap yang tinggi.